Tips merawat dan memperbaiki power suplay komputer

Cara Memperbaiki Power Supply merupakan sebuah opsi yang sering digunakan orang apabila Power Supply mengalami kerusakan. Hal ini sering digunakan karena lebih menghemat biaya dibandingkan dengan harus membeli ulang power supply baru yang harganya akan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan memperbaikinya. Sesuai nama yang digunakannya, power supply komputer merupakan alat dalam kategori elektronika atau perangkat elektronik yang berguna untuk memberikan suplay / asupan tenaga dan atau arus listrik ke komponen elektronik lain. Power supply sendiri biasanya banyak dijumpai pada PC desktop / computer. Tanpa power supply komputer tidak akan berjalan normal, dan walaupun bisa berjalan namun perangkat lain seperti hardisk bisa cepat rusak.
Tips merawat dan memperbaiki power suplay komputer

Gambar Cara Memperbaiki Power Supply komputer


Power suplay tidak berfungsi atau rusak biasanya lebih sering disebabkan karena ada kerusakan pada fusenya. Berikut beberapa cara memperbaiki power supply yang kerusakannya terdapat pada fuse :
  • Lepaskan mur / baut pada chasing power suplay, kemudian pisahkan chasing power supply dengan perangkat elektronik didalamnya. 
  • Coba anda lakukan pengamatan terlebih dahulu, apakah ada perangkat elektronik yang terbakar atau tidak, apabila ada biasanya warna dari perangkat tersebut akan berwarna hitam atau gosong. 
  • Coba anda lepaskan fuse yang terdapat pada power suplay. 
  • Kemudian anda tes hubungan arus pada kawat pengaman dengan menggunakan meteran ohm. Pastikan meteran ohm anda dalam keadaan baik dan jarum arah berada pada angka awal atau nol. 
  • Apabila jarum pada meteran ohm memberikan jumlah yang berlebih maka dapat dipastikan fuse anda rusak, dan harus diganti dengan fuse baru. 
  • Pasang fuse baru yang dapat anda beli di toko elektronik terdekat, kemudian pasang kembali chasing power suplay.
Setelah melakukan cara-cara tersebut, dapat dipastikan power suplay anda akan berfungsi normal kembali seperti sedia kala. Sebagai tambahan, apabila anda ingin memperbaiki power suplay sebaiknya pastikan terlebih dahulu tidak ada aliran listrik yang masuk, agar aman. Demikian tips cara memperbaiki power supply yang disebabkan karena adanya kerusakan pada fuse. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.
Demikian penjelasan singkat mengenai tips cara memperbaiki power supply, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Tips Cara Merawat Power Supply Agar Awet Dan Tahan Lama


Tips Cara Merawat Power Supply Agar Awet Dan Tahan Lama
Tips Cara Merawat Power Supply Agar Awet Dan Tahan Lama. Pada bagian komputer Power Supply termasuk bagian/ komponen yang sangat penting. karna arus listrik pertama kali masuk melalui Power Supply baru dibagikan ke komponen lainya seperti motherboard dan lainya dan bukan itu saja Power Supply juga berfungsi untuk merubah tegangan listrik bolak-balik (AC), menjadi (DC). Dengan fungsi tersebut maka arus tegangan listrik yang tadinya arus kuat berubah menjadi arus kecil.
Oleh karna itu Jika Power Supply rusak maka akan mengakibatkan komputer tidak dapat berfungsi sama sekali, disini saya akan sedikit berbagi tips untuk merawat Power Supply agar Power Supply tersebut Awet(tahan dalam jangka waktu lama).

Tips Cara Merawat Power Supply Agar Awet Dan Tahan Lama

  1. Gunakan Stabilizer komputer, untuk menahan saat tegangan listri turun/mati, atau bisa juga dikarnakan arus listrik yang tiba tiba tinggi. Dengan kita menggunakan Stabilizer kita dapat menghindari hal hal tersebut karna fungsi Stabilizer disini adalah untuk menahan shock electricit.
  2. Menggunakan perangkat tambahan pada komputer yang menguras pasokan sumber listrik. Maksudnya adalah, memberikan beban baru terhadap tegangan listrik yang harus dihadirkan pada mesin komputasi.
  3. Membersihkan debu atau kotoran yang terdapat pada casing Power Supply. Debu dan kotoran dapat menggangu sirkulasi tegangan listrik dan udara pada Power Supply, untuk membersihkan nya anda dapat menggunakan kuas atau sikat yang lembut .
Jual Power suplay murah pure murah - jepara 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips merawat dan memperbaiki power suplay komputer"

Post a Comment